Memiliki gigi putih dna bersih menjadi dambaan setiap orang, karena mampu menumbuhkan rasa percaya diri saat berkomunikasi dengan orang lain atau hanya sekedar terenyum kepada orang lain. Maka dari itu, kesehatan gigi menjadi salah satu hal yang paling krusial untuk semua orang. Ini dibuktikan dengan adanya layanan untuk perawatan memutihkan gigi di klinik dokter gigi yang harganya tentu beragam.

Untuk Anda yang ingin memutihkan gigi, Anda bisa mencoba cara memutihkan gigi secara alami. Karena bahan yang digunakan adalah bahan alami, maka kita tidak perlu mengeluarkan budget khusus untuk memutihkan gigi dan tentunya lebih aman dalam penggunakanya. Cara-cara ini sering dilakukan oleh masyarakat terdahulu dimana belum ada teknologi canggih seperti sekarang. Berikut ini merupakan 10 cara memutihkan gigi secara alami dan ampuh.

 

  1. Biji Buah Pinang

Buah tidak hanya dugunakan di bagian dagingnya saja, tetapi bijinya juga bisa. Bahkan masyarakat jaman dahulu sering menggunakan biji buah pinang untuk membersihkan gigi. Caranya dengan menghaluskan biji buah pisang terlebih dahulu. Kemudian gosokkan ke gigi menggunakan kain katun atau sabut pinang. Ternyata manfaatnya tidak hanya untuk memutihkan gigi tapi juga menguatkan gigi.

 

  1. Kulit Jeruk

Bagian kulit yang bisa digunakan adalah bagian dalamnya. Gosokkan kulit pada gigi secara hati-hati jangan sampai melukai gigi ataupun gusi. Namun, bagi Anda yang memiliki gigi sensitif harus lebih hati-hati karena dapat menimbulkan rasa nyeri terlebih dahulu. Lakukanlah kebiasaan ini secara teratur untuk mendapatkan gigi yang putih.

 

  1. Mengonsumsi Susu

Beberapa produk susu, seperti keju atau jenis makanan yang lain (yogurt) mengandung kalsum tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa kalsium adalah zat yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi susu kaya kalsium dapat membantu Anda dalam memutihkan gigi. Selain itu, susu sangat baik untuk kesehatan tubuh sehingga akan lebih baik jika dikonsumsi secara rutin.

 

  1. Cuka Sari Apel

Khasiat cuka sari apel ini adalah dapat membantu menghilangkan zat kafein yang terdapat dalam teh, kopi dan rokok yang bisa membuat gigi kuning. Cara menggunakan cuka sari apel ini juga sangat mudah, kalian cukup berkumur-kumur menggunakan campuran 2 sendok makan cuka sari apel dengan segelas air selama sekitar 3-5 menit dan buang. Cuka sari apel ini dapat membantu menghilangkan bakteri dan kuman yang terdapat di gigi dan mulut kita yang menyebabkan karies pada gigi.

 

  1. Garam

Garam sudah dipercaya sejak dulu untuk memutihkan gigi. Cara menggunakan pasta gigi alami adalah dengan cara mencamprkan garam sebanyak setengah sendok teh kedalam 1 gelas air kurang lebih 25ml air. Gunakan air hangat, selanjtnya rendam sikat gigi sekitar 1-3 menit. Barulah gosok secara perlahan gigi dengan sikat lembut dan jangan lupa kumur-kumur dengan air garam tadi. Lakukan cara ini setidaknya 2 kali dalam seminggu. Anda juga bisa menggunakan perasan lemon dengan cara yang sama.

 

  1. Kulit Pisang

Memutihkan gigi dengan kulit pisang bisa Anda lakukan dengan cara menggosokkan secara perlahan kepermukaan gigi kita. Gunakan bagian kulit dalam untuk menggosokkannya. Kandungan potasium, megnesium dan manganese dalam pisang dapat membantu untuk memutihkan gigi.

 

  1. Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan yang dapat berguna untuk cara memutihkan gigi secara alami dengan cepat. Namun, penggunana dengan sering juga bisa berdampak negatif bagi lapisan gigi. Gunakan maksimal satu atau dua kali setiap bulannya. Caranya dengan mengoleskan baking soda pada permukaan gigi dan biarkan hingga 3-5 menit. Setelah itu, kumur dengan air hangat.

 

  1. Strawberi

Buah masam ini dapat digunakan untuk membersihkan gigi. Tidak hanya buah strawberi yang dapat memutihkan gigi, tapi wortel, apel dan seledri juga bisa. Menggunakan bahan ini tidka akan menyita banyak waktu karena Anda tidak harus membuat ramuan tetapi cukup dengan memakannya atau dengan cara menggosok-gosokkan kepada permukaan gigi lalu kumur-kumur dengan air hangat.

 

  1. Siwak

Hal ini sudah menjadi kebiasaan orang muslim sejak dulu. Untuk menggunakan bahan ini Anda bisa menggunakan serabut siwak yang lembut yang berasal dari tanaman siwak itu sendiri. Serabut itulah yang kemudian digunakan untuk menggosokkan gigi.

 

  1. Arang

Cara ini adalah cara tradisional dimana sering dilakukan oleh orang terdahulu untuk menghilangkan warna kuning pada gigi. Tapi, tidak sembarang Anda dapat mengguanakn arang. Hal ini dikarenakan penggunaan arang pada gigi  secara berlebih dapat merusak email dan mengakibatkan rasa sakit. Oleh karena itu, guankan arang sewajarnya saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here