Akhir-akhir ini, cara merawat rambut kering banyak dicari oleh banyak orang, khususnya kaum wanita. Bagi kaum wanita, tentu kondisi rambut yang sehat dan indah adalah hal yang sangat didambakan. Mengingat rambut adalah mahkota bagi wanita dan sangat menunjang penampilannya. Akan tetapi, tak jarang permasalahan rambut bermunculan yang membuat resah kaum wanita tersebut. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi adalah rambut yang kering. Rambut kering ini akan berdampak pada rambut yang mengembang dan rambut pun jadi tidak sehat lagi. Berikut ini merupakan 10 cara mengatasi dan merawat rambut kering secara tradisional.

 

  1. Mengonsumsi Makanan Yang Mengandung Vit B

Cara merawat rambut kering yaitu dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B. Vitamin ini bermanfaat untuk menguatkan rambut dan membuat rambut tidak kering. Makanan yang banyak mengandung vitamin B seperti kacang-kacangan, buah pisang dan juga telur.

 

  1. Gel Lidah Buaya

Kandungan dalam gel lidah buaya dapat bermanfaat untuk mendapatkan rambut yang halus dan lembut. Cara menggunakan gel lidah buaya ini yaitu dengan mengoleskan dan membilasnya sampai bersih. Gel lidah buaya memang sudah banyak diproduksi oleh produk perawatan rambut. Akan tetapi gel lidah buaya yang alami jauh lebih baik.

 

  1. Menggunakan Mayones

Kandungan asam lemak yang terdapat pada mayones bermanfaat untuk melembutan rambut. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengoleskannya secara langsung pada rambut setelah selesai keramas, namun dalam keadaan rambut yang kering. Jumlah mayones yang dioleskan cukup satu sendok makan saja. Tutup atau bungkus rambut dengan shower cup atau handuk selama 15 menit. Setelah itu, bilas kembali dengan menggunakan shampo. Hal yang perlu diperhatikan di sini adalah jenis shampo yang baik digunakan. Shampo yang baik digunakan haruslah shampo yang lembut seperti shampo bayi atau shampo herbal.

 

  1. Memanfaatkan Khasiat Cuka Apel

Cuka apel bermanfaat untuk mengurangi rambut rusak dna melembutkan rambut. Pengguanan yang tepat akan membuat rambut lebih halus.

 

  1. Minyak Zaitun

Anda dapat mengguankan minyak zaitun satu kali dalam dua minggu. Cara menggunakannya dengan mengoleskan minyak zaitun pada rambut basah. Lakukan sebelum melakukan keramas. Diamkan rambut dalam waktu lima menit. Setelah lima menit usai, segeralah keramas dengan shampo.

 

  1. Minyak Alami

Minyak alami yang biasa digunakan adalah minyak kelapa, namun minyak alami lainnya dapat digunakan juga, seperti minyak almond dan minyak yang berasal dari bunga matahari. Minyak alami ini dapat menjaga dan meningkatkan kelembutan rambut Anda. Cara pemakaiannya dengan mengoleskan minyak setelah melakukan keramas. Tutup rambut Anda dan tunggu sampai 20 menit. Bilas kembali rmabut sampai bersih.

 

  1. Air Perasan Jeruk Nipis

Cukup dengan mengoleskan secukupnya pada rambut air perasan jeruk nipis ini. Tunggu sampai 30 menit dan bilas dengan air sampai bersih

 

  1. Menggunakan Buah Alpukat

Cara perawatannya sangat mudah. Anda harus memilih buah lpukat dengan kondisi matang. Haluskan buah alpukat tersebut dan segera oleskan secara merata pada rambut Anda. Tunggu sampai 20 menit dan bilas rambut sampai bersih.

 

  1. Mencampurkan Bahan Madu & Perasan Lemon

Anda dapat mencampurkan kedua bahan tersebut sebanyak masing-masing 2 sendok makan. Setelah kedua bahan telah tercampur dengan rata, langsung dapat dioleskan pada rambut Anda. Diamkan selama 40 menit dan lebih baik lagi jika rambut ditutup dengan handuk maupun shower cup. Bila sudah 40 menit, segera bilas rambut Anda dengan air sampai bersih.

  1. Air Beras dan Madu

Campuran air beras dengan madu sangat bagus sebagai pencuci rambut.

  • Ambil secangkir air beras dan tambahkan 2 sdt madu
  • Aduk sampai merata
  • Oleskan campuran ini pada rambut dan biarkan selama 10-15 menit
  • Kemudian bilas hingga bersih

Baca Juga: Shampo Rambut Rontok dan Ketombe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here