3 Rekomendasi Dokter Untuk Menghilangkan Belang – Belang sangat mudah sekali terjadi pada kulit, belang biasanya terjadi karena lama dan seringnya kulit terkena paparan sinar matahari. Hal tersebut dapat membuat kulit menjadi belang. Bukan hanya wajah, tapi kulit kaki dan tangan serta beberapa bagian lainnya ditubuh.

Kulit punya zat warna gelap (cokelat atau pun hitam) alami yang biasa disebut dengan melanin. Ketika kulit terkena paparan sinar matahari, maka kulit akan melepaskan melanin agar mengurangi radiasi sinar uv. Karena itu, semakin alam dan semakin sering kulit terkena paparan sinar uv, maka makin banyaklah melanin yang diproduksi oleh tubuh sehingga membuat kulit menjadi lebih cokelat atau hitam dibanding dengan are yang tak terkena paparan sinar matahari atau sinar uv.

3 Rekomendasi Dokter Untuk Menghilangkan Belang

1. Eksfoliasi

Eksfoliasi menggunakan scrub bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami atau dengan produk kecantikan. Eksfoliasi dilakukan agar mengembalikan warna kulit yang belang atau kulit yang kusam dengan cara mengangkat sel kulit mati.

Anda wajib menghindari paparan sinar matahari sehingga dianjurkan untuk melakukan eksfoliasi dalam waktu renggang agar Anda tidak perlu beraktivitas outdoor saat akan melakukan eksfoliasi ataupun sesudahnya. Karena dengan melakukan eksfoliasi dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahri daripada sebelumnya. Jangan lupa untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum Anda melakukan eksfoliasi.

2. Masker

Tidak hanya exfoliate, Anda bisa memilih menghilangkan belang dengan menggunakan masker. Berikut beberapa masker alami yang dipercaya bisa untuk mengatasi belang pada kulit Anda.

1. Kunyit

Walau kunyit belum terbukti meringankan kulit, sebuah studi menemukan bahwa kulit bisa membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari kalau dibuat dalam bentuk krim. Selain itu, ternyata kunyit bagus untuk membantu melembabkan kulit.

Meskipun memang jika Anda secara manual ingin membuat masker dari kunyit, tentunya Anda harus berhati-hati jika kunyit ini mengenai baju Anda. Karena itu, baiknya Anda menggunakan pembersih wajah setelah menggunakan masker kunyit alami ini.

2. Teh Hitam

Sebuah penelitian menemukan fakta jika ekstrak teh hitam mampu mencerahkan warna cokelat pada kelinci di laboratorium. Tapi, penelitian ini perlu dilakukan lebih lanjut pengaruhnya terhadap manusia, terutama masker teh hitam buatan sendiri.

3. Yogurt

Sudah banyak yang mengatakan jika yougurt mampu memutihkan kulit secara alami dan cepat. Selain itu yogurt bisa melembabkan serta menenangkan kulit.

3. Produk Perawatan Kulit

America Academy of Dermatology memberikan rekomendasi agar memilih produk yang bisa merawat dan meringankan kulit jadi dapat mengatasi kulit belang, seperti misalnya:

  • Vitamin c
  • Asam glikolat
  • Retinoid seperti retinol, tretinoin, gel adapalene, atau tazarotene.
  • Asam kojic
  • Asam azelaic

Bahan-bahan aktif di atas mampu membantu meringankan bintik cokelat atau kulit gelap dengan cara mengelupas kulit dan mendorong pertumbuhan sel kulit baru. Beberapa di antaranya mampu memperlambat produksi melanin. Tapi, wajib diperhatikan bahwa Anda hanya boleh menggunakan satu produk untuk perawatan agar mencegah terjadinya iritasi atau efek samping.

Beberapa produk di atas biasanya bisa di gunakan di bawah pengawasan dokter. Mengikuti saran dokter adalah cara terbaik untuk mengembalikan warna kulit normal.

Perawatan yang harus dihindari

Jauhi perawatan yang memanfaatkan masker lemon, jeruk nipis, atau buah sitrus lainnya. Lemon atau jeruk nipis memang dapat mengangkat kulit mati, tapi tidak mengurangi produksi melanin.

Memakai masker lemon, jeruk nipis, dan sejenisnya lalu membiarkan kulit terpapar sinar matahari justru akan mengakibatkan sunburnIni karena kandungan dalam buah sitrus membuat kulit lebih peka terhadap sinar UV.

Tidak hanya itu, jangan memakai produk pemutih yang tak dikenal. Karena banyak produk pemutih berbahaya yang memiliki kandungan merkuri atau pun steroid. Ingat untuk selalu memilih produk yang telah mengantongi izin edar dari Badan POM, Kemenkes, serta SNI.

Cegah kulit belang terjadi lagi

Mengatasi kulit yang belang memang tidak mudah. Maka dari itu, sebenarnya cara terbaik ialah mencegah agar tidak terjadi belang pada kulit. Inilah cara untuk mencegah belang dikulit karena paparan sinar matahari.

  • Batasi kegiatan di luar rumah di antara jam 10 pagi sampai jam 2 siang, yaitu saat sinar matahari sangat terik.
  • Rutin memakai tabir surya (sunblock), walau cuaca di luar tidak begitu terik. Oleskan tabir surya 15 sampai 30 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan.
  • Kalau Anda harus pergi ke luar ketika saat sinar matahari sangat kuat, sebaiknya pakai payung atau topi. Sesuaikan pakaian yang Anda gunakan supaya lengan tangan dan kaki Anda tidak lagi belang.
  • Gunakan sarung tangan ketika mengendarai motor untuk mengurangi paparan sinar matahari pada kulit tangan Anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here