Telapak kaki sering memiliki masalah sehingga tidak terasa dan nampak halus. Diantaranya kulit telapak kaki pecah-pecah, serta callus. Callus adalah menebalnya area tertentu pada telapak kak, serta mengeras akibat gesekan berulang kaki, tekanan, atau iritasi. Kulit yang sering serta pemakaian sepatu yang kurang pas, serta tidak menggunakan kaus kaki, juga dapat menyebabkan callus. Sedangkan telapak kaki yang pecah-pecah merupakan masalah yang lebih umum dialami oleh di segala usia. Hal ini biasanya disebabkan oleh telapak kaki yang kering. Faktor penyebab yang lain juga bisa karena lama berdiri, menggunakan sabun yang keras, hawa yang dingin, terlalu lama berendam dalam air, dan juga menggunakan alas kaki yang tidak pas. Dari berbagai masalah tersebut, selain membuat telapak kaki kasar dan tidak menarik, bila tidak dirangani secaa tepat dan serius dapat berujung pada infeksi dan masalah kulit lain. Berikut kami akan menjelaskan mengenai  5 Tips Menghaluskan Telapak Kaki yang Pecah-Pecah serta Kasar.

 

  1. Bawang Bombay

Bawang bomay merupakan asam alami sehingga efektif untuk mengatasi callus.

  • Ambil seiris bawang bombay, teteskan air lemon dan taburkan garam di atasnya
  • Letakkan pada area kaki yang mengalami callus, bungkus kaki setelahnya dan biarkan semalaman
  • Ulang hal ini selama seminggu untuk menghilangkan callus dengan mudah

 

  1. Minyak Castor

Minyak castor yang kental ini dapat membantu melembabkan kulit yang kering dan kasar, sehingga ia merupakan bahan yang efektif untuk melembutkan callus.

  • Rendam kaki dalam air hangat selama 10 menit dan gosokkan area yang terkena callus dengan batu apung
  • Lindungi bagian kaki yang mengalami callus dengan kapas yang telah dicelupkan pada minyak castor
  • Lakukan hal ini setiap hari hingga callus menghilang

 

  1. Gliserin

Kandungan dalam gliserin ini juga dapat menyingkirkan telapak kaki yang pecah-pecah.

  • Campurkan gliserin dan air lemon masing-masing dengan takaran yang sama. Bisa juga ditambahkan air bunga mawar
  • Lakukan hal ini setiap hari selama dua minggu

 

  1. Olesan Berbahan Mentol

Olesan berbahan mentol biasanya mengandung banyak manfaat minyak esensial di dalamnya, sehingga baik bagi telapak kaki yang pecah-pecah. Serta dapat menyembuhkan jari-jari kaki yang terkena jamur.

 

  1. Scrubbing

Cara ini adalah cara sederhana, yaitu hanya dengann menggosok bagian kulit telapak kaki yang keras dan mati untuk menyingkirkan bagian telapak kaki yang pecah-pecah. Sebelum melakukannya, rendam kaki Anda pada air sabun hangat untuk melembutkan kulit telapak kaki sehingga akan mudah untuk digosok dan mengelupas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here