Memakai bedak beda merk sebentar saja, wajah jadi jerawatan, ataupun panas di bawah sinar matahari sebentar, kulit sudah mengelupas. Itulah dua hal yang sering terjadi kalau wajah Anda termasuk tipe kulit sensitif. Kulit wajah sensitif terjadi karena dua hal yang pertama karena memang Anda terlahir dengan kulit wajah seperti itu, sedangkan yang kedua karena kulit wajah sudah terlanjur iritasi karena kesalahan pemakaian produk kecantikan. Ada 6 cara merawat wajah sensitif dengan bahan herbal alami.




  1. Mentimun Untuk Kelembaban Wajah

Jika kulit sensitif Anda termasuk jenis kulit yang kering, maka mentimun adalah solusi yang pas untuk menjaga kelembabannya. Mentimun bisa membantu penyembuhan kulit sensitif yang mengalami pigmentasi. Kandungan air yang tinggi sangat berguna agar kulit tidak lagi kering. Gunakan sebagai masker secara teratur tiap malam sebelum tidur agar hidrasi di kulit wajah bisa berjalan baik.

 

  1. Madu Untuk Melembutkan Wajah

Cara merawat wajah sensitif dengan madu itu sangat diminati. Kandungan madu yang berkhasiat memperbaiki luka, anti inflamasi dan peradangan, sangat cocok untuk kulit wajah sensitif. Madu bisa dimanfaatkan menjadi masker wajah, dan anda bisa mencampurnya dengan air mawar. Tak hanya bersifat melembutkan wajah, masker madu ini juga berguna untuk melindungi kulit wajah dari efek buruk sinar matahari.

 

  1. Gula Pasir Sebagai Scrub

Wajah sensitif sebaiknya tidak melakukan facial. Facial bisa membuat wajah yang sensitif malah semakin parah iritasinya atau malah menimbulkan jerawat yang lebih parah. Namun, jika kulit tidak dibersihkan dari sel kulit mati yang menumpuk, pasti wajah akan menjadi kusam. Oleh karena itu anda bisa mencoba gula pasir sebagai bahan scrub alami. Gunakan minyak zaitun sebagai campuran scrub bersama gula pasir. Setelah dicampur, maka usapkan kepada wajah dan mulailah melakukan kegiatan peeling. Bilas dengan air hangat-hangat kuku agar wajah menjadi lebih segar.




  1. Minyak Kelapa untuk Melembabkan Wajah

Ingin melembabkan wajah dan sekaligus melembutkan, cobalah gunakan minyak kelapa. Memakai minyak kelapa tiap malam sebelum tidur akan membuat kulit wajah lebih lembut keesokan harinya karena sifatnya yang mudah menyerap di dalam kulit. Tak perlu menggunakan sembarang pelembab karena kulit yang sensitif.

 

  1. Vitamin C untuk Menyembuhkan Jaringan Kulit Rusak

Biasanya wajah yang sudah terlanjur sering terkena paparan zat kimia, akan sangat berjerawat atau malah muncul flek. Anda bisa mengkonsumsi jus buah amla yang mengandung vitamin C cukup tinggi untuk menyembuhkan jaringan kulit rusak dari dalam. Efek lainnya karena karena kandungan vitamin C tersebut, kulit wajah pun akan lebih cerah. Selain buah amla, konsumsi juga jeruk dan juga buah-buahan lainnya yang mengandung vitamin C. Bisa anda jadikan masker juga, misalnya dari buah apel. Vitamin C memiliki khasiat menyembuhkan jaringan wajah yang terkena atrofi atau pengikisan.

 

  1. Bubuk Kopi Sebagai Masker Wajah

Kopi tak hanya mengandung kafein tinggi yang bisa menahan kantuk. Bubuk kopi sangat bermanfaat untuk merawat wajah sensitif anda. Menggabungkan kopi dengan madu untuk minuman mungkin tidak terlalu nyambung, namun anda bisa mengunakan bubuk kopi yang dicampur madu sebagai bahan dasar masker. Setelah kedua bahan tersebut tercampur rata, tambahkan sedikit susu dan juga minyak kelapa. Gunakan di wajah sampai benar-benar mengering, lalu bilas dengan air hangat. Kulit wajah akan lembut dan juga bersih dari sel kulit mati.

Save

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here