Air garam mengandung banyak vitamin, asam amino dan mineral seperti magnesium, potasium dan sulfur. Efek terapi dari berendam dalam air garam telah dikenal sejak zaman Yunani ketika Herodutus dan Hippocrates mengumumkan manfaat berendam di air panas alami. Ada pula terapi bernama Thalassotherapy yang menggunakan air laut sebagai bentuk terapi untuk mengembalikan dan memulihkan mineral tubuh yang menggunakan kolam air laut khusus. Begitu pula dengan orang – orang yang bepergian ke Laut Mati setiap tahunnya untuk berendam di dalam airnya yang berkhasiat menyembuhkan.

Terkuak fakta bahwa air laut dan plasma darah mempunyai komposisi kimia yang hampir identik berdasarkan tingkatan jejak mineralnya. Air laut sangat dekat dengan lingkungan internal tubuh sehingga jika sel darah putih dipindahkan dari tubuh dan ditempatkan di dalam larutan air laut yang telah disterilkan, maka sel darah putih tersebut tetap dapat mempertahankan fungsi normal selnya. Air garam laut adalah satu – satunya larutan yang dapat mengakomodasi aktivitas sel yang berkelanjutan. Tidak hanya berendam air garam yang dapat memberikan manfaat air garam untuk kulit tubuh, ada juga manfaat cuci muka dengan air garam yang baik untuk perawatan wajah. Akan tetapi walaupun dengan segala khasiatnya yang luar biasa, air garam ternyata tidak sepenuhnya aman dan dapat digunakan sesuka hati. Ada 6 Efek Samping Air Garam Untuk Wajah Sensitif Yang Perlu Diketahui.

 

  1. Membuat Kulit Wajah Bengkak

Hal ini dapat terjadi jika penggunaan air garam tidak sesuai dosis dan cara yang dianjurkan. Anda bisa mengalami wajah menjadi bengkak dan kemerahan apabila berlebihan menggunakan perawatan dengan air garam ini, misalnya menggosok wajah terlalu keras, dan menggunakan garam laut terlalu banyak dengan alasan agar cepat menunjukkan efeknya pada wajah.

 

  1. Membuat Wajah Gatal

Efek samping bahaya air garam untuk wajah ini juga antara lain disebabkan oleh jenis kulit yang sensitif. Apabila tidak cocok dengan terapi air garam pada kulit wajah, maka resiko yang bisa dialami salah satunya adalah kulit wajah menjadi gatal. Pada kasus ini, air garam tidak bisa menjadi cara merawat wajah sensitif.

 

  1. Wajah Terasa Panas

Walaupun ada cara menghilangkan komedo dengan garam, ada juga efek negatifnya jika penggunaan garam tidak sesuai. Pada Anda yang memiliki kulit sensitif, efek samping penggunaan air garam dapat menyebabkan kulit terasa panas seperti terbakar. Terutama jika Anda menggunakan air garam itu dengan menggosoknya keras di wajah dan langsung beraktivitas di luar ruangan dan terkena sinar matahari.

 

  1. Menggores Kulit Wajah

Satu hal yang lupa diperhatikan pada penggunaan air garam untuk membasuh wajah, misalnya sebagai cara menghilangkan wajah berminyak dengan air garam , biasanya adalah kelalaian untuk tidak memastikan bahwa garam sudah larut dalam air. Partikel – partikel kecil pada garam dapat menggores kulit wajah terutama apabila wajah digosok dengan keras. Karena itu, pastikan untuk melarutkan garam dengan benar dan menggosok wajah dengan lembut

 

  1. Menimbulkan Jerawat

Manfaat garam bagi wajah bisa untuk menghilangkan jerawat, akan tetapi bisa juga sebaliknya. Jika air yang Anda gunakan untuk membasuh wajah mengandung terlalu banyak garam laut, bisa jadi kulit wajah akan terasa kurang bersih dan licin. Sayangnya beberapa sabun tertentu tidak bekerja baik untuk membersihkan wajah dari kelebihan garam tersebut dan akan menyebabkan kulit wajah kurang bersih sementara beberapa waktu. Akibatnya akan timbul jerawat dan bruntusan yang disebsbkan oleh kurang bersihnya kondisi wajah.

 

  1. Menimbulkan Bercak Hitam

Manfaat garam untuk kulit wajah yang berjerawat bisa membasmi bakteri penyebab jerawat. Tetapi kulit wajah yang berjerawat biasanya juga memiliki bekas luka akibat jerawat tersebut. Menggunakan air garam untuk membasuh wajah sementara luka bekas jerawat belum mengering justru dapat menyebabkan bekas jerawat tersebut menjadi hitam dan membekas lebih jelas pada wajah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here