Walaupun pria lebih seringnya melakukan manfaat cukur rambut botak  untuk penampilan maskulinnya, akan tetapi kebotakan karena rambut rontok yang tidak bisa disembuhkan tentunya tidak diinginkan oleh para pria. Rambut rontok pada umumnya dianggap sebagai masalah yang terjadi bagi pria yang menua. Faktanya, pria memang lebih beresiko untuk mengalami kerontokan rambut daripada wanita. Akan tetapi, masalah penipisan rambut dan kerontokan rambut juga merupakan masalah yang umum dialami para wanita dari mulai masalah yang berlangsung hanya sementara hingga yang lebih parah.

Semua orang merontokkan rambutnya sekitar seratus helaian setiap harinya sebagai bagian dari siklus pertumbuhan rambut yang normal.Kondisi rontok normal tentunya merupakan hal yang wajar, akan tetapi kerontokan yang parah akan menjadi kondisi yang membuat stress dan mengganggu. Kebanyakan rambut manusia tumbuh sekitar setengah inci setiap bulannya, dan sekitar 90 persen rambut Anda tumbuh dengan aktif kapan saja sementara 10 persennya berada pada fase dormant. Setelah dua atau tiga bulan, rambut yang berada di fase dormant akan rontok dan folikelnya akan mulai menumbuhkan rambut baru sementara folikel lain bergiliran memasuki fase dormant lagi.

Pelepasan rambut tentunya berbeda dari kerontokan rambut, dimana rambut rontok berarti saat ketika rambut lepas dan tidak tumbuh kembali. Pelepasan rambut atau kerontokan normal terjadi hanya seperlunya dan tidak dalam jumlah banyak. Yang tidak normal adalah jika rambut tiba – tiba rontok dengan drastis. Berikut 6 Penyebab Yang Bisa Membuat Rambut Rontok Tiba – Tiba Pada Wanita dan Pria.

 

  1. Penyakit Autoimun

Penyakit ini juga bisa disebut dengan Alopecia Areata dan pada dasarnya merupakan hasil dari sistem imun yang overaktif. Tubuh menjadi bingung sehingga sistem imun mengapggap rambut sebagai benda asing dan menjadikannya sasaran. Suntikan steroid adalah pengobatan yang pertama dilakukan untuk alopecia areata, yang tampak sebagai kehilangan rambut berupa bulatan – bulatan pada kulit kepala. Anda juga bisa berusaha menjaga kondisi rambut dengan menggunakan manfaat air kelapa untuk rambut dan cara menyuburkan rambut dengan lidah buaya.

 

  1. Kekurangan Vitamin B

Tingkat kandungan vitamin B yang rendah di dalam tubuh juga diketahui sebagai penyebab dari rambut rontok tiba – tiba. Seperti anemia, pengobatan dengan suplemen vitamin B juga dapat membantu mengatasinya. Atau Anda juga dapat mengonsumsi ikan, daging, sayuran dan buah non citrus . Cobalah juga shampo yang bagus untuk rambut rontok untuk cara mengurangi rambut rontok.

 

  1. Anemia

Hampir 10 orang wanita berusia 20 hingga 49 tahun mengalami anemia karena kekurangan zat besi yang merupakan tipe anemia paling umum. Hal ini dapat dengan mudah menyebabkan kerusakan berupa rambut rontok. Gejala anemia lain yaitu kelelahan, sakit kepala, pusing, kulit pucat, dan tangan serta kaki yang dingin. Suplemen zat besi sederhana yang diresepkan dokter bisa menjadi cara mengatasi rambut rontok dan kering atau juga mengurangi penyebab rambut rontok parah.

 

  1. Pemakaian Pil KB

Jika Anda adalah seorang peserta KB, pemakaian pil kontrasepsi sebagai pengendali kelahiran juga dapat menyebabkan kerontokan rambut berupa jenis Telogen Effluvium yang mungkin saja terjadi apabila Anda juga memiliki riwayat keluarga yang juga rentan pada rambut rontok. Perubahan pada keseimbangan hormon yang muncul adalah penyebabnya. Cara mengatasi rambut agar  tidak rontok karena pemakaian pil kontrasepsi ini perlu Anda diskusikan dengan dokter kandungan terlebih dulu agar kerontokan tidak menjadi semakin parah.

 

  1. Keturunan

Kebotakan pada wanita biasanya dikenal dengan androgenetic alopecia merupakan versi wanita dari male pattern baldness. Jika Anda berasal dari keluarga dimana wanita juga kehilangan rambut pada usia tertentu, mungkin saja Anda juga akan lebih beresiko untuk mengalaminya. Tidak seperti pria, kebotakan pada wanita tidak akan terlihat pada mundurnya garis rambut melainkan akan terlihat pada penipisan rambut di bagian atas kepala yang bisa menjadi semakin luas. Pengobatan untuk wanita juga tidak jauh berbeda dari pria, yaitu menggunakan salep Minoxidil atau juga dikenal dengan Rogaine.

 

  1. Menopause

Ketika memasuki masa menopause seorang wanita akan mengalami ketidakseimbangan hormon yang akan menjadi penyebab rambut rontok tiba – tiba. Hal ini sudah pasti akan terjadi walaupun Anda rutin melakukan perawatan salon untuk rambut rontok dan berketombe. Apabila kerontokan menjadi semakin parah, mungkin Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk menjaga kadar hormon estrogen tetap pada tingkat yang normal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here