Tidak ada orang yang menyukai jika wajahnya penuh dengan bekas jerawat. Jangankan kemunculan banyak jerawat di kulit wajah, kehadiran satu saja bintik jerawat sudah membuat seseorang akan repot mencari cara untuk menghilangkannya. Jika kemunculan jerawat sudah mengganggu, lebih lagi dengan masalah yang timbul setelahnya, yaitu bekas jerawat yang sukar hilang. Walaupun hanya satu jerawat yang timbul, tapi jika timmbul di tempat yang berbeda-beda, maka bekasnya dapat mengotori berbagai bagian wajah dan membuatnya tidak sedap didlihat. Bekas jerawat bahkan bisa bertahan lama di kulit dan tidak dapat hilang begitu saja tanpa perawatan yang tepat. Lama penyembuhan bekas jerawat tergantung kepada seberapa permah kondisi jerawat yang pernah ada pada kulit wajah. Bekas jerawat biasa biasanya akan memudar selama satu atau dua bulan namun bisa juga lebih lama dari waktu tersebut. Tingkat keparahan bekas jerawat berbeda-beda, ada yang hanya berupa goresan dangkal, namun ada juga yang mendalam hingga membutuhkan waktu lama untuk memulihkan tekstur kulit. Untuk pengobatan yang lebih aman dapat dilakukan dengan ramuan yang terbuat dari bahan alami seperti berikut ini:

 

  1. Cuka Apel

Cuka apel akan membantu menyeimbangkan PH kulit Anda, memperbaiki penampilannya seiring waktu dan mengurangi penampilan tanda kemerahan serta bekas luka. Cara menggunakannya yaitu:

  • Siapkan cuka apel secukupnya dan cairkan dengan air
  • Gunakan kapas untuk mengaplikasikannya ke wajah Anda
  • Lakukan secara rutin sampai bekas jerawat menghilang

 

  1. Susu

Manfaat susu untuk kulit dapat digunakan untuk cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Cara menggunakan susu untuk masker wajah yaitu”

  • Siapkan susu tawar dan madu secukupnya. Gunakan madu murni
  • Sebelum bersihkan dulu wajah Anda
  • Oleskan pada wajah dan diamkan selama tiga puluh menit
  • Bilas wajah dengan air dingin sampai bersih

 

  1. Bubuk Kunyit

Bubuk kunyit saat ini sangat mudah ditemukan di antara bumbu dapur lainnya yang dijual di supermarket. Cara membuat masker kunyit yaitu:

  • Ambil dua sendok makan bubuk kunyit dan dua sendok makan susu
  • Campur hingga rata dan oleskan ramuan tersebut ke keulit wajah Anda
  • Biarkan meresap selama dua puluh menit, lalu bilas wajah Anda

 

  1. Vitamin E

Kapsul vitamin E juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Anda cukup mengambil isi kapsul tersebut dan dioleskan pada bekas jerawat di kulit wajah. Gunakan dalam jumlah secukupnya, jangan berlebihan. Biarkan beberapa saat hingga meresap, bilas wajahnya setelahnya.

 

  1. Minyak Rosehip

Minyak ini dibuat dari biji bunga mawar dan mempunyai tempat tersendiri dalam bidang perawatan kulit. Mengandung vitamin A dalam bentuk alaminya, minyak ini sangat ringan dan tidak menyebabkan kulit tampak lengket Anda cukup mengoleskan tipis-tipis pada wajah satu atau dua kali sehari-hari.

 

  1. Kentang

Kentang yang kaya akan vitamin dan mineral adalah salah satu sayuran yang berkhasiat untuk penyembuhan dan kesehatan kulit. Cara membuat masker kentang untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat yaitu:

  • Ambil kentang, kupas dan bersihkan. Potong-potong tipis dan letakkan potongan tersebut hingga menutupi seluruh wajha. Biarkan selama beberapa menit hingga cairannya meresap, lalu bilas wajah
  • Potong kentang dengan potongan yang lebih tebal, lalu gosokkan potongan tersebut ke kulit wajah. Biarkan peling tidak lima belas menit agar cairannya meresap ke kulit wajah. Cuci dan bilas dengan air hangat, lakukan hal ini sekali sehari

 

  1. Es Batu

Es adalah bahan rumahan yang paling mudah untuk mengurangi bekas jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit. Anda cukup membungkus es batu di dalam sebuah lap katun bersih dan tempelkan pada kulit yang berbekas jerawat selama satu atau dua menit hingga area tersebut mulai mati rasa. Selain menggunakan es batu dari air. Anda juga bisa membuat es batu dari teh hijau dan menggunakannya untuk kulit wajah yang berbekas jerawat.

 

Menggunakan perawatan berbahan alami untuk menghilangkan flek hitam yang diakibatkan oleh jerawat pada kulit wajah Anda memang tidak akan menghasilkan penampakan yang instan, namun sudah tentu kecil resikonya daripada Anda mencoba berbagsi produk berbahan kimia yang belum tentu cocok dengan kondisi kulit. Hanya saja Anda perlu lebih rajin dan telaten dalam menggunakan perawatan ini agar mendapatkan hasil yang diinginkan dengan sempurna. Pastikan untuk menggunakan takaran bahan secukupnya, jangan sampai menggunakannya dengan berlebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here