Telinga merupakan salah satu pancaindera yang berfungsi sebagai alat pendengaran dan organ yang menjaga keseimbangan. Khusus untuk telinga bagian luar, terdapat kelenjar sudorifera yang dapat menghasilkan serumen (bahan mirip lilin yang dapat mengeras). Serumen ini akan menjaga telinga dari kotoran yang berasal dari luar daerah telinga. Selain itu, serumen ini juga akan mengahalangi masuknya serangga ke dalam telinga karena memiliki bau yang tidak sedap. Serumen ini biasa kita kenal dengan sebutan kotoran telinga.

Secara alamiah memang kotoran telinga sangat bermanfaat bagi kita, akan tetapi apabila tidak dibersihkan secara teratur, kotoran dapat menumpuk dan menyubat lubang telinga. Dalam kondisi yang parah, dapat menimbulkan infeksi dan gangguan pendengaran. Berikut ini 8 cara membersihkan telinga bagian dalam yang herbal dan juga aman.

 

  1. Air Hangat

Setelah Anda Mandi, cuci telinga Anda dengan air hangat. Ambillah handuk bersih, lalu basahi dengan air hangat. Usapkan pada bagian telinga luar dan sertai dengan pijatan lembut di bawah telinga. Air hangat akan memberikan relaksasi di telinga dan dapat menstimulus kotoran telinga.

 

  1. Gliserin

Gliserin sering dikenal sebagai bahan campuran obat-obatan dan kosmetik. Karena kemampuannya yang dapat menyerap air dari udara dan lingkungan, gliserin sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk membersihkan. Coba tuangkan 2 atau 3 tetes gliserin ke telinga. Kemudian bersihkan telinga dengan kapas bola, dan ulangi proses sampai telinga bersih.

 

  1. Bawang Putih

Caranya yaitu haluskan bawang putih, lalu ketakkan di atas sendok dan panaskan di atas lilin. Teteskan minyak yang terbentuk setelah pemanasan menggunakan bola kapas ke telinga. Ini akan membantu membersihkan kotoran telinga.

 

  1. Minyak Kelapa

Tuangkan secukupnya minyak kelapa ke dalam sendok, panaskan sendok dengan api lilin. Setelah agak hangat, ambillah kapas yang telah dibentuk bola lalu dicelupkan pada minyak, kurangi kelebihan minyak dengan memeras sedikit kapas, lalu pasangkan kapas berukuran kecil di telinga Anda. Panas dari minyak kelapa akan meluruhkan kotoran telinga yang mengeras di dalam telinga.

 

  1. Mengonsumsi Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C secara teratur dapat membantu menghilangkan tumpukan kotoran telinga secara alami. Vitamin c berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan kotoran di dalam tubuh.

 

  1. Menggunakan Syringe

Menggunakan syringe atau suntikan dengan ujung yang berbentuk bulat mengantarkan air hangat ke dalam telinga. Untuk mencegah rasa pusing, gunakan air sesuai dengan suhu tubuh. Metode ini jangan dilakukan pada seseorang yang memiliki gangguan lubang gendang telinga.

 

 

  1. Obat tetes telinga

Obat tetes telinga dipilih sebagai langkah praktis untuk melunakkan kotoran yang mengeras di dalam telinga. Obat tetes banyak tersedia di pasaran dengan berbagai merek. Bacalah petunjuk pemakaian agar tidak mengurangi fungsi dari obat tetes tersebut.

 

  1. Konsultasi Dokter

Jika telinga masih terasa penuh kotoran setelah seminggu melakukan pembersihan, berkonsultasilah pada dokter. Dikhawatirkan ada gangguan yang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here