Bibir berwarna hitam atau gelap meski sudah memakai lip balm atau lip gloss memang agaknya mengganggu penampilan. Warna bibir demikian bisa dikarenakan banyak hal, termasuk penggunaan lipstik yang kurang tepat, kebiasaan merokok, bibir yang kekeringan, konsumsi kafein, kurangnya nutrisi dalam tubuh, konsumsi obat tertentu, alergi, atau justru karena faktor keturunan.

Terlepas dari apapun faktor pemicunya, bibir berwarna gelap tetaplah menurunkan daya tarik dan bahkan membuat kepercayaan diri seseorang menjadi turun. Oleh karena itu, ada sejumlah cara menghilangkan bibir hitam di bawah ini yang bisa coba Anda praktikkan. Dengan cara-cara di bawah ini, secara berangsur bibir yang tadinya hitam pun akhirnya bisa menjadi lebih merah, sehat dan cerah.

Bibir berwarna hitam atau gelap meski sudah memakai lip balm atau lip gloss memang agaknya mengganggu penampilan. Warna bibir demikian bisa dikarenakan banyak hal, termasuk penggunaan lipstik yang kurang tepat, kebiasaan merokok, bibir yang kekeringan, konsumsi kafein, kurangnya nutrisi dalam tubuh, konsumsi obat tertentu, alergi, atau justru karena faktor keturunan.

Terlepas dari apapun faktor pemicunya, bibir berwarna gelap tetaplah menurunkan daya tarik dan bahkan membuat kepercayaan diri seseorang menjadi turun. Oleh karena itu, ada sejumlah cara menghilangkan bibir hitam di bawah ini yang bisa coba Anda praktikkan. Dengan cara-cara di bawah ini, secara berangsur bibir yang tadinya hitam pun akhirnya bisa menjadi lebih merah, sehat dan cerah.

 

  1. Memakai Minyak Zaitun

Minyak zaitun bukan hanya jenis minyak yang baik untuk memasak dan membantu menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh. Jenis minyak ini begitu berguna juga dalam mengatasi bibir yang tampak kehitaman. Karena berbagai nutrisi ada di dalamnya, jelas minyak ini mampu menjaga kesehatan serta kelembaban bibir senantiasa.

  • Caranya: Cukup dengan mengambil beberapa tetes saja akan minyak zaitun, Anda dapat mengoleskannya ke seluruh bibir sambil memberikan pijatan lembut. Setiap hari Anda perlu menerapkan minyak ini setiap hendak berangkat tidur. Sebagai campuran, Anda juga bisa menambahkan gula 1 ½ sendok teh ke minyak ini sebagai scrub. Lakukanlah seminggu 1 kali dan lihat perbedaannya dalam 2 bulan.

 

  1. Menggunakan Madu

Madu sudah jelas sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan kulit dan untuk menghilangkan warna hitam pada bibir, Anda bisa memakai madu yang alami. Madu sangat berkhasiat tinggi dalam membuat warna bibir kembali cerah dan merah, jadi tak ada salahnya untuk dicoba.

  • Caranya: Untuk hasil yang luar biasa, Anda bisa coba memakai madu yang asli dan murni dan kemudian langsung Anda terapkan pada bibir secara menyeluruh. Efektivitasnya akan lebih terasa ketika Anda menggunakan pada malam hari menjelang tidur. Namun bila Anda ingin memakainya sehari 2 kali pun juga boleh demi hasil optimal.

 

  1. Memanfaatkan Minyak Almond

Mungkin kebanyakan dari Anda mengetahui akan manfaat almond untuk rambut, tapi khasiatnya lebih dari itu. Minyak almond memiliki segudang manfaat, termasuk untuk mencerahkan bibir yang berwarna gelap. Untuk bibir merona seperti ketika remaja, Anda bisa mencoba memakai minyak almond.

  • Caranya: Ambil beberapa tetes akan minyak almond yang kemudian bisa Anda oles ke area bibir secara menyeluruh. Penggunaan secara rutin bakal memberikan efek yang baik dan maksimal asalkan telaten. Minyak almond juga adalah yang mampu membuat bibir menjadi lembab dan tak gampang kering. Anda bisa dengan mudah mencarinya di pasar swalayan bila tak punya persediaan.

 

  1. Memakai Daun Mint dan Madu

Seperti hal yang sudah di bahas mengenai madu, madu murni memiliki sifat yang menenangkan dan mampu membuat bibir senantiasa dalam keadaan lembab. Untuk bibir tetap sehat dan jauh dari warna hitam, Anda bisa mengombinasikan madu dengan daun mint supaya bibir cerah merona.

  • Caranya: Sediakan daun mint sebanyak 1 genggaman tangan bersama dengan madu 2 sendok teh saja. Bentuklah pasta dari kedua bahan tersebut dan oles langsung ke area bibir sampai menyeluruh. Tunggu atau diamkan selama 15 menit sebelum Anda membasuhnya menggunakan air dingin. Sehari 2 kali setiap hari akan memberikan hasil memuaskan untuk bibir sehat dan merah.

 

  1. Tidak Merokok

Karena salah satu penyebab dari bibir yang berwarna hitam adalah kebiasaan merokok, otomatis wajar bila Anda diminta untuk tidak merokok lagi. Berhenti merokok setelah menjadi terlalu aktif sebelumnya memang tidaklah gampang. Tapi Anda bisa memulainya dengan mengurangi penggunaan rokok dari yang normalnya Anda hisap.

Asap rokok dan tembakau diketahui dapat memicu bibir berwarna gelap dan akan terus menghitam karena kandungan berbahaya di dalamnya. Anda perlu segera menghentikan atau menghindari rokok apabila menginginkan bibir yang merah dan sehat. Walau tak mudah, Anda bisa mengupayakan agar jauh dari rokok supaya terhindar juga dari penyakit-penyakit serius lainnya.

 

  1. Memerhatikan Penggunaan Lipstik

Lipstik tentunya terbuat dari bahan-bahan kimia dengan komposisi yang kita tentunya tak tahu betul. Hindarilah penggunaan lipstik dalam waktu yang sangat lama karena ini mampu mengakibatkan bibir menjadi gampang dan semakin hitam. Satu lagi, Anda juga perlu menghindari pemakaian lipstik dari merk dan jenis yang berbeda-beda.

Anda perlu tahu bahwa memakai jenis lipstik yang tidaklah sama dan terus berbeda-beda bisa membuat bibir mengalami kerusakan. Ada banyak jenis dan merk lipstik yang pastinya sangat menggoda untuk dibeli dan digunakan, terutama para wanita pasti bakal tak segan-segan untuk mengoleksi lipstik yang berbeda-beda. Asalkan Anda mampu merawat bibir Anda, tak perlu takut bibir menjadi hitam.

 

  1. Membersihkan Lipstik pada Bibir sesudah Beraktivitas

Untuk membuat bibir tidak hitam lagi, setiap kali Anda menggunakan makeup, jangan hanya bagian wajah saja yang dibersihkan. Seusai beraktivitas dan Anda sudah sampai di rumah, pastikan Anda membersihkan bagian bibir dari sisa atau bekas lipstik. Ini supaya kulit bibir juga bisa bernapas.

Madu sebagai bahan alami yang disebutkan tadi bisa menjadi perawatan sehari-hari untuk menyehatkan bibir usai menggunakan makeup. Sebagian orang menunggu dan membiarkan supaya lipstik pada bibir hilang dengan sendirinya, tapi ini justru berbahaya. Lipstik juga terbuat dari bahan kimia, jadi perhatikan betul kebersihan bibir agar tidak mudah berwarna gelap.

 

  1. Memakai Buah Delima dan Jeruk

Vitamin C di dalam buah jeruk sangat besar dan diketahui bahwa manfaatnya adalah sebagai pencerah kulit alami. Buah delima sendiri juga memiliki kandungan Anthocyanin yang berguna dalam mengubah warna bibir hingga menjadi cerah merona secara permanen. Jadi, tak salah kalau Anda menggabungkannya agar maksimal khasiatnya.

  • Caranya: Sediakan irisan buah jeruk sebanyak 2-3 iris yang bisa Anda campur dengan sejumlah buah delima secukupnya. Buatlah jus dengan memblendernya supaya gampang, lalu tuanglah ke sebuah wadah dan bekukan di dalam lemari es. Sesudah menjadi es batu, usapkan lembut ke area bibir kurang lebih 2-3 menit. Melakukannya setiap pagi akan memberikan hasil optimal.

 

  1. Menggunakan Kentang

Kalau kentang biasanya digunakan sebagai bahan memasak sup, Anda perlu mengetahui bahwa manfaat kentang untuk kulit wajah sangatlah besar. Kentang adalah bahan alami pencerah warna kulit, jadi tidak salah bila Anda memilihnya untuk merawat bibir berwarna hitam dan menjadikannya cerah kembali.

  • Caranya: Ambil irisan kentang berukuran kecil saja yang kemudian dapat Anda oles-oles ke area bibir selama kurang lebih 5 menit. Cara seperti ini bisa dicoba di rumah supaya bibir tampak merah secara alami bahkan tanpa harus memakai lipstik. Asalkan pemakaiannya secara teratur, Anda bisa mendapatkan hasil terbaik.

 

tulah 9 cara menghilangkan bibir hitam yang bisa Anda coba karena kealamiannya bakal mengurangi risiko efek samping berbahaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here