Radikal bebas merupakan komponen yang bisa menyebabkan berbagai penyakit.  Radikal bebas yang  dapat mengancam manusia ternyata keberadaannya terdapat dimana-mana, baik dalam tubuh atau luar tubuh. Radikal bebas bisa menjadi penyebab berbagai macam penyakit kronis dan penyakit degeratif.

Tubuh memiliki mekanisme pertahanan untuk menangkal pengaruh negatif dari radikal bebas, yakni antioksidan. Antioksidan  itu sendiri terdapat dua jenis,  yaitu endogenous dan exogenous. Endogenous itu sendiri merupakan antioksidan yang dihasilkan oleh tubuh, sedangkan exogenous didapat dari luar tubuh kita terutama dari makanan. Walaupun tubuh bisa menghasilkan sendiri antioksidan, tubuh juga bergantung pada antioksidan dari luar.

Ada berbagai jenis antioksidan seperti vitamin C, vitamin E dan flavonoid. Vitamin C memiliki peran sebagai pencegah terjadinya kerusakan dengan cara menangkap dan mensterilkan radikal bebas. Sedangkan vitamin E berperan sebagai pemecah radikal bebas. Selain itu, flavonoid sebagai salah satu jenis yang banyak terdapat dalam makanan dan merupakan bagian terbesar dari antioksidan. Setiap  jenis antioksidan kinerjanya memiliki cara yang berbeda pada bagian tubuh yang berlainan juga. Tubuh membutuhkan perpaduan mineral dan vitamin untuk mencegah terjadinya kerusakan. Dibandingkan dengan yang lainnya, beberapa buah-buahan dan sayuran mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang banyak digunakan oleh tubuh yaitu vitamin E, C dan betakaroten yang mana itu semua bisa didapatkan dari buah dan sayuran berwarna oranye, merah, kuning dan ungu.

Meskipun antioksidan diperlukan oleh tubuh, namun kelebihan antioksidan  juga tidak baik.  Kelebihan antioksidan untuk tubuh biasanya disebabkan oleh antioksidan berupa tablet buatan. Tablet antioksidan itu sendiri biasanya digunakan untuk orang sakit yang  kekurangan antioksidan. Hanya saja saat ini banyak orang yang menggunakan tablet antioksidan untuk suplemen penambah energi. Jangan abaikan kelebihan antiokisdan! Ini Dia, 5 Efek Samping Antioksidan Jika Anda Mengkonsumsi Berlebihan

1.Tubuh Terasa Lemas dan Sakit

Kelebihan antioksidan untuk tubuh akan menjadikan tubuh terasa lemas dan mudah terserang berbagai penyakit. Sehingga dengan begitu hati yang menampung dan menyaring antioksidan kinerjanya akan menjadi terganggu.  Kelebihan antioksidan untuk tubuh jelas tidak baik untuk kesehatan.

 

  1. Memicu Sel Kanker

Segala sesuatu yang berlebihan  tentu tidak baik. Meskipun dibutuhkan, tapi anda harus berhati-hati  saat mengkonsumsi  antioksidan. Pastikan anda tidak berlebihan mengkonsumsinya karena dapat berpengaruh pada kesehatan, yakni bisa menjadi pemicu sel kanker berkembang dalam tubuh. Tablet atau kapsul yang mengandung  kadar antioksidan yang penuh, serta tidak diimbangi dengan zat yang lainnya dapat membahayakan tubuh dan menjadi pemicu berkembangnya sel kanker.  Oleh karena itu, agar tidak berlebihan mengkonsumsi antioksidan sebaiknya konsumsi antioksidan alami saja.

 

  1. Keseimbangan Proses Mekanisme Alami Tubuh Terganggu

Konsumsi antioksidan dalam bentuk tablet maupun kapsul  dapat mengganggu  kesehatan karena keseimbangan mekanisme alami tubuh dapat rusak. Tubuh memiliki keseimbangan dalam menyerap antioksidan yang berasal dari makanan alami,  hal  itu menjadi keseimbangan yang baik, serta tubuh akan tercukupi.

Hanya saja, jika antioksidan dikonsumsi dengan berlebihan  seperti misalkan sayuran dan tablet antioksidan dikonsumsi dengan bersamaan ataupun berlebihan maka akan menyebabkan kadar berada pada batas wajar. Keadaan ini bisa mengganggu keseimbangan tubuh dan akan membahayakan tubuh.

 

  1. Gangguan Kerja Tubuh

Karena kelebihan antioksidan dalam tubuh, radikal bebas bisa saja habis. Berdasarkan penelitian, tubuh manusia membutuhkan radikal bebas untuk keseimbangan. Pasalnya, tubuh manusia dapat memproduksi antioksidan sendiri. Dimana hal itu bisa menjadi keseimbangan untuk kesehatan manusia.

Pada saat melakukan olahraga, dengan sendirinya tubuh akan mengeluarkan radikal bebas yang dihasilkan dari metabolisme tubuh. Radikal bebas ini akan merangsang tubuh agar menghasilkan antioksidan.  Tingkat aktifitas olahraga bisa mempengaruhi pembentukan antioksidan. Sehingga berlebihan  mengkonsumsi antioksidan  dapat menyebabkan sistem kerja tubuh  terganggu dan membuat tubuh tidak bekerja dengan maksimal dalam memproduksi antioksidan, sebab kadar antioksidan berada di luar  batas wajar.

 

  1. Penuaan Dini

Kelebihan antioksidan dalam bentuk tablet ataupun kapsul akan berdampak buruk untuk kesehatan. Selain itu, antioksidan yang dikonsumsi berlebihan dapat mempercepat masalah penuaan dini. Penuaan dini itu sendiri merupakan suatu keadaan dimana sudah terlihat tanda-tanda penuaan meskipun usia masih muda. Dan tentunya ini menjadi masalah besar untuk kita semua.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan asupan antioksidan yang seimbang sebaiknya kurangi konsumsi tablet antioksidan buatan dan perbanyak konsumsi sayuran juga buah-buahan. Antioksidan alami lebih aman dikonsumsi karena kandungan antioksidan yang terkandung seimbang kadarnya. Artikel lainnya :

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here