Kulit kering menjadi kondisi umum yang terjadi pada kulit saat kekurangan cairan pada lapisan paling luar dari kulit. Beberapa bagian tubuh yang terbuka seperti wajah, lengan dan kaki menjadi area paling rentan mengalami kekeringan. Kulit kering atau dikenal juga dengan nama xerosis atau xeroderma dalam dunia medis ini bisa terjadi pada siapapun baik anak anak atau orang dewasa, pria dan juga wanita. Risiko terkena kulit kering bergantung dari kondisi kesehatan, wilayah tempat tinggal, usia dan lama waktu terpapar ruangan yang terbuka, akan tetapi orang yang sudah lanjut usia lebih rentan mengalami kulit kering. Perlu diketahui, kulit kering tidak hanya bisa mengurangi penampilan saja, namun ada beberapa bahaya kulit kering yang mengintai sehingga harus segara ditangani dan tidak boleh dianggap hal yang sepele. Berikut Ketauhilah 6 Bahaya Kulit Kering Tahap Kronis dan Parah.

 

 

  1. Kanker Sel Basal

Kanker sel basal atau karsinoma sel basal merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang sel basal. Sel basal sendiri berguna untuk memproduksi sel baru yang akan menggantikan sel kulit mati. Kanker sel basal ini bisa terjadi karena paparan sinar matahari terlalu berlebihan yang juga dapat dipicu karena tekstur kulit yang kering yang akhirnya akan semakin menyebar ke bagian kulit tubuh yang lain bahkan sampai ke jaringan lain atau tulang yang berada disekitarnya.

 

  1. Perubahan Kulit Permanen

Kulit kering yang tidak segera mendapatkan pengobatan akan membuat kerusakan permanen pada permukaan kulit. Beberapa masalah kulit seperti kasar dan juga bersisik tidak lagi bisa dihilangkan dan harus ditangani dengan cara operasi atau penanganan dokter lainnya.

 

3.Kulit Bersisik dan Kasar

Permukaan kulit yang kering juga bisa menyebabkan tampilan kulit bersisik serta kering yang tidak hanya mengurangi penampilan namun juga terasa tidak nyaman serta lebih sulit untuk disembuhkan.

 

  1. Pendarahan

Kulit kering yang berlangsung terus dan menerus dan tidak segera ditangani dengan baik, nantinya akan membuat kulit menjadi retak dan area tersebut bisa mengalami pendarahan yang juga akan diikuti dengan timbulnya rasa sangat menyakitkan dari tempat keluarnya darah tersebut.

 

  1. Gatal kronis

Kulit kering juga akan membuat area kulit terasa sangat gatal sehingga sangat mengganggu dan keinginan untuk menggaruk akan semakin besar. Dengan aktivitas menggaruk yang terlalu berlebihan karena gatal kronis tersebut, akhirnya juga akan merusak lapisan kulit dan memperbesar anda terserang infeksi.

 

  1. Rentan Terhadap Kuman

Kulit yang kering akan lebih rentang terhadap serangan kuman dan juga beberapa penyakit lainnya. Ini bisa terjadi karena kulit kering yang tidak lagi bisa berfungsi dengan baik untuk melindungi. Kulit kering yang mengalami mikrolesi menjadi jalan masuk untuk kuman sehingga risiko terhadap penyakit semakin tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here